Home » » Pengembangan Implan Tualng Dari Sapi Oleh Mahasiswa UGM

Pengembangan Implan Tualng Dari Sapi Oleh Mahasiswa UGM

Written By Kaka' Andre on Wednesday, September 4, 2013 | 9/04/2013

Pengembangan Implan Tualng Dari Sapi Oleh Mahasiswa UGM
Mahalnya implan tulang di Indonesia mendorong sekelompok mahasiswa UGM untuk membuat implan lebih murah. Adalah Diah Budiasih, Ditya Devale Rinenggo, Raymond Win, dan Anggi Muhtar yang menggagas pemanfaatan limbah tulang sapi sebagai bahan implan.
“Implan tulang selama ini masih dipenuhi dari impor sehingga biayanya mahal dan juga pemesanannya memakan waktu lama,” kata Diah saat ditemui di Kampus UGM sperti yang dikutip life.viva.co.id.

Kondisi tersebut mendorong Diah dan ketiga rekannya melakukan penelitian untuk menciptakan implan tulang alternatif dengan kualitas yang tinggi dan tentunya dengan harga terjangkau.  Mengapa memilih tulang sapi sebagai bahan untuk implan?
Diah menjelaskan, bahan pengganti tulang tersusun dari hidroksiapatit (HA) yang merupakan unsur utama tulang manusia dan tulang sapi merupakan sumber HA alami. Adapun tulang sapi yang digunakan adalah bagian paha yang memiliki porus alami.

Hasil penelitian Diah dan kawan-kawan menunjukkan kandungan HA tulang sapi yang dipanaskan pada suhu 1.300 derajat celsius akan berubah menjadi biphasic calcium phosphate (BCP). BPC merupakan material yang memiliki kandungan unsur kalsium dan fosfat yang menyerupai tulang manusia. 

“Kalau dibandingkan dengan HA, material BCP memiliki kelebihan. Implan BCP lebih mudah luruh dalam tubuh sehingga proses regenerasi tulang lebih cepat daripada dengan HA,” ucapnya.

Uji coba awal dilakukan pada tikus untuk membuktikan kemampuan implan BCP dari tulang sapi dibandingkan dengan HA komersial yang sering digunakan di pasaran. Dari hasil pengujian secara radiologi dan histologi diketahui bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara kedua bahan.

“Dengan begitu bisa disimpulkan bahwa implan BCP dari tulang sapi berpotensi untuk dikembangkan menjadi implan tulang komersial,”  kata Anggi Muhtar.

Meskipun sudah berhasil diuji coba pada hewan, Anggi mengatakan bahwa masih perlu dilakukan penelitian lanjutan dengan subjek manusia. Hal tersebut penting untuk mengetahui reaksi imunitas tubuh. Di samping itu, juga perlu dilakukan analisis kelayakan dalam pengembangan BCP dari tulang sapi berbasis produksi sebagai bahan implan tulang.

Pemanfaatan limbah tulang sapi sebagai bahan implan tulang ini tidak hanya menjadi alternatif untuk pembuatan implan tulang. Upaya ini juga turut mengurangi pencemaran lingkungan dari limbah sapi yang hanya dibuang begitu saja.

Judul: Pengembangan Implan Tualng Dari Sapi Oleh Mahasiswa UGM
Rating: 10 out of 10 based on 24 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Kaka' Andre
Semoga Portal Kesehatan Webunic Bermanfaat Untuk Anda





Anda sedang membaca artikel tentang Pengembangan Implan Tualng Dari Sapi Oleh Mahasiswa UGM dan anda bisa menemukan artikel Pengembangan Implan Tualng Dari Sapi Oleh Mahasiswa UGM ini dengan url http://webunic.blogspot.com/2013/09/pengembangan-implan-tualng-dari-sapi.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Pengembangan Implan Tualng Dari Sapi Oleh Mahasiswa UGM ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Pengembangan Implan Tualng Dari Sapi Oleh Mahasiswa UGM sumbernya.

Share this article :

Posted by: Andrie Kurniawan
Portal Kesehatan Webunic - Berbagi Kesehatan Online, Updated at: 9/04/2013

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Facebook Friend

Friend Us






 
Support : Portal Kesehatan Webunic | www.twin-share.com | Berbagi Tips Kesehatan
Copyright © 2012. Portal Kesehatan WebUnic - All Rights Reserved
Hak Cipta Di Lindungi Oleh Undang - Undang Dasar
Proudly powered by Blogger