Home » , » 6 Cara makan yang benar dan sehat

6 Cara makan yang benar dan sehat

Written By Unknown on Wednesday, June 5, 2013 | 6/05/2013

Obesitas , kebanyakan makan , kegemukan merupakan masalah kesehatan yang lumayan serius untuk diselesaikan. Pola makan yang sehat dan benar memang perlu diperhatikan agar stamina tubuh tetap terjaga. Berikut beberapa cara makan yang sehat dan benar agar lebih cepat terasa kenyang dan tidak mudah lapar , hal ini juga bisa diterapkan pada kegiatan diet yang sehat.


1. Minum Air Putih Sebelum Makan

Minum 1-2 gelas air putih setiap sebelum makan. Air putih akan mengisi perut sehingga Anda lebih cepat kenyang saat makan. Selain itu, Anda bisa mengurangi hingga 60 kalori setiap jam makan.

2. Tambahkan Cuka atau Kayu Manis

Jika memungkinkan, tambahkan sedikit cuka atau bubuk kayu manis ke dalam makanan Anda. Menurut penelitian dari Department of Agricultural and Food Sciences di Zurich, Swiss, dua bahan ini bisa mengontrol kadar gula dalam darah, yang membuat Anda cepat kenyang, tapi lama merasakan lapar lagi.

3. Makan Sayuran Beraneka Berwarna

Kunyahlah sayuran berwarna oranye dan hijau; seperti wortel, brokoli, bayam dan selada. Sayuran ini mengandung sekitar 90 persen air dan kaya serat, yang membawa sinyal kenyang pada otak sehingga perut pun terasa penuh lebih cepat.

4. Ganti Nasi Putih dengan Kentang

Kentang mengandung karbohidrat kompleks; jenis karbohidrat yang lama dicerna dalam tubuh. Sebuah studi di British Journal of Nutrition menemukan, mengonsumsi karbohidrat kompleks (kentang, oatmeal dan beras merah) bisa membuat Anda kenyang hingga berjam-jam dan makan kurang dari 320 kalori per hari. Saat makan siang atau malam, ganti nasi putih dengan kentang rebus. Jika ingin rasa yang lebih enak, jadikan sebagai mashed potato dengan sedikit bumbu garam dan merica.

5. Pilih Ikan Daripada Daging

Pilih makanan laut dibandingkan daging merah untuk lauk. Ikan salmon, misalnya, kaya akan asam lemak omega-3 yang bisa membantu perut lebih cepat kenyang dan bertahan hingga beberapa jam. Penelitian yang diterbitkan European Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan, orang yang makan ikan lebih cepat kenyang dibandingkan pemakan daging merah. Plus, mereka juga mengasup 75 kalori lebih sedikit di jam makan berikutnya!

6. Ngemil Kacang Sebelum Makan

Cemillah kacang-kacangan (almond, mede atau kacang tanah) sebelum makan. Kacang mengandung serat, protein dan lemak yang mengaktifkan perasaan kenyang sehingga Anda pun akan makan lebih sedikit.


Inilah enam cara makan yang benar dan sehat yang bisa Kalian terapkan pada kegiatan makan Sobat maupun bisa diterapkan ke program diet sehat Anda.

Baca juga :
- 6 Tanda batuk berdarah yang perlu diwaspadai
- 7 Cara pemberian obat secara benar
- 6 Cara mudah untuk memulai hidup sehat

Judul: 6 Cara makan yang benar dan sehat
Rating: 10 out of 10 based on 24 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Unknown
Semoga Portal Kesehatan Webunic Bermanfaat Untuk Anda





Anda sedang membaca artikel tentang 6 Cara makan yang benar dan sehat dan anda bisa menemukan artikel 6 Cara makan yang benar dan sehat ini dengan url http://webunic.blogspot.com/2013/06/6-cara-makan-yang-benar-dan-sehat.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel 6 Cara makan yang benar dan sehat ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link 6 Cara makan yang benar dan sehat sumbernya.

Share this article :

Posted by: Andrie Kurniawan
Portal Kesehatan Webunic - Berbagi Kesehatan Online, Updated at: 6/05/2013

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Facebook Friend

Friend Us






 
Support : Portal Kesehatan Webunic | www.twin-share.com | Berbagi Tips Kesehatan
Copyright © 2012. Portal Kesehatan WebUnic - All Rights Reserved
Hak Cipta Di Lindungi Oleh Undang - Undang Dasar
Proudly powered by Blogger