Home » , » 10 hal positif yang wajib diajarkan pada anak

10 hal positif yang wajib diajarkan pada anak

Written By Unknown on Saturday, June 1, 2013 | 6/01/2013

Orang tua pastinya ingin melihat anaknya menjadi baik kepada semua orang dan berbakti kepada orang kedua orang tuanya. Sebagai orang tua Sobat bisa mengajarkannya beberapa hal positif yang wajib dan harus diberikan maupun diajarkan kepada si anak sejak sedini mungkin.

10 hal positif yang wajib diajarkan pada anak

1. Menyikat gigi minimal dua kali sehari

Kebanyakan anak malas menyikat gigi. Tanamkan kebiasaan baik pada anak Anda bahwa menyikat gigi adalah bagian dari tugas sehari-hari mereka seperti makan dan tidur.

2. Bangun pagi

Kebanyakan orang tua harus bersusah payah membangunkan anak mereka setiap pagi. Ini bukan kebiasaan yang baik dan sehat. Jadi, sebaiknya biasakan anak untuk lebih sering bangun pagi sehingga saat mereka dewasa, anak Anda tidak akan memiliki kebiasaan buruk bangun kesiangan.Â

3. Sopan-santun saat di meja makan


Mulailah perlakukan anak layaknya orang dewasa ketika ia berada di meja makan. Hal ini sangat penting karena anak harus belajar bagaimana tata cara makan yang tepat.

4. Membersihkan kamar sendiri


Membersihkan kamar anak bukan tugas orang tua. Mereka harus mulai belajar untuk membersihkan kamar mereka sendiri. Beri mereka tugas mingguan untuk menata kamar.

5. Mengatakan "Tolong" dan "Terima kasih"

"Tolong" dan "Terima kasih" adalah dua kata ajaib yang bisa membuat anak terlihat manis dan sopan. Sikap ini juga mencerminkan keberhasilan orang tua dalam mendidik anak. Jadi, biasakan mengucapkan kata "Tolong" dan "Terima kasih" ketika bersama anak Anda sehingga dia terbiasa melakukannya.

6. Berbagi mainan

Banyak orang tua yang tidak mengajarkan sikap baik ini pada anak mereka sehingga anak sering bersikap egois dan mau menang sendiri. Ajarkan anak untuk bisa berbagi mainan, makanan atau buku dengan saudara atau teman-temannya.

7. Bertanggung jawab terhadap uang

Anak harus belajar bertanggung jawab dengan uang mereka sejak usia muda. Beri mereka uang saku tetap dan minta mereka untuk mengelola pengeluaran pribadi mereka. Hal ini akan mengajarkan pada mereka cara bertanggung jawab terhadap uang yang mereka miliki.

8. Memiliki kebiasaan makan yang sehat

Dengan mengajak anak pergi ke restoran cepat saji, orang tua telah menanamkan kebiasaan makan yang tidak sehat. Mulai sekarang, biasakan memberi makanan sehat pada anak dan ajari mereka untuk menghindari makanan cepat saji.

9. Buang sampah sembarangan

Kebiasaan tidak membuang sampah sembarangan harus ditanamkan sejak dini. Anak harus belajar kebiasaan baik ini sehingga ketika dewasa, dia bisa lebih bertanggung jawab terhadap keasrian lingkungannya.

10. Membantu urusan rumah tangga

Ketika anak sudah cukup besar (berusia 7 sampai 8 tahun), mereka harus mulai ikut dilibatkan dalam pekerjaan rumah tangga. Beri mereka tugas-tugas kecil seperti membereskan meja makan atau mengelap kaca, sehingga mereka bisa belajar untuk bertanggung jawab membantu urusan rumah tangga.


Inilah sepuluh hal positif yang wajib diajarkan pada anak Kalian bisa mengajarkannya kepada si buah hati semoga menjadi Anak yang baik dan berbakti.

Baca juga :
- 5 Makanan yang akan kaya manfaat
- 3 Manfaat toner untuk kecantikan kulit
- 6 Efek buruk merokok bagi kecantikan

Judul: 10 hal positif yang wajib diajarkan pada anak
Rating: 10 out of 10 based on 24 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Unknown
Semoga Portal Kesehatan Webunic Bermanfaat Untuk Anda





Anda sedang membaca artikel tentang 10 hal positif yang wajib diajarkan pada anak dan anda bisa menemukan artikel 10 hal positif yang wajib diajarkan pada anak ini dengan url http://webunic.blogspot.com/2013/06/10-hal-positif-yang-wajib-diajarkan.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel 10 hal positif yang wajib diajarkan pada anak ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link 10 hal positif yang wajib diajarkan pada anak sumbernya.

Share this article :

Posted by: Andrie Kurniawan
Portal Kesehatan Webunic - Berbagi Kesehatan Online, Updated at: 6/01/2013

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Facebook Friend

Friend Us






 
Support : Portal Kesehatan Webunic | www.twin-share.com | Berbagi Tips Kesehatan
Copyright © 2012. Portal Kesehatan WebUnic - All Rights Reserved
Hak Cipta Di Lindungi Oleh Undang - Undang Dasar
Proudly powered by Blogger