Home » » 9 Cara Sehat Untuk Mengasah Otak Tetap Muda Dan Cerdas

9 Cara Sehat Untuk Mengasah Otak Tetap Muda Dan Cerdas

Written By Unknown on Tuesday, May 7, 2013 | 5/07/2013

Tak hanya tubuh, otak dna mental juga bisa menua seiring dengan bertambahnya usia. Menuanya otak bisa berkaitan dengan masalah dan penyakit mental seperti pikun, menurunnya kemampuan berpikir, dan lainnya.

Namun jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan otak dan membuat otak awet muda meski usia terus bertambah. Berikut adalah 9 cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat otak tetap muda, seperti dilansir oleh NY


9 Cara Sehat Untuk Mengasah Otak Tetap Muda Dan Cerdas

1. Belajar Bahasa Baru
Mempelajari bahasa asing adalah cara utama yang bisa membantu Anda meningkatkan kemampuan otak. Aktivitas ini diketahui bisa memberikan otak 'olahraga' sehingga membuatnya terus bekerja. Tak hanya itu, mempelajari bahasa asing juga bisa membentuk jalur baru dalam otak untuk belajar.

2. Belajar Aat Musik
Jika belajar bahasa hanya berkaitan dengan mental, maka dengan belajar alat musik Anda juga melatih kemampuan fisik. belajar memainkan alat musik diketahui sangat bagus untuk kebugaran mental. penelitian juga menunjukkan bahwa musik bisa membuka ingatan pada orang yang terkena demensia.

3. Tersesat
Iya, tersesat. Pergilah ke tempat yang belum Anda kenal sebelumnya, kemudian tersesatlah. Setelah itu paksa diri Anda untuk berpikir dan menemukan arah. Tentu saja, jangan pergi terlalu jauh dari daerah yang Anda kenal, dan tetap pilih daerah yang aman. Cara ini membuat Anda belajar untuk mengatasi situasi yang baru dan asing, serta membuat otak bekerja.

4. Melakukan Kegiatan Sukarela
Melakukan kegiatan baru dengan orang-orang baru, terutama kegiatan yang tidak bersifat materialistis baik untuk kesehatan mental Anda. Membentuk jaringan baru dengan orang-orang baru tak hanya baik untuk fisik tetapi juga mental.

5. Hadapi Hal Yang Tak Nyaman
Kebanyakan orang berhenti belajar ketika mereka menemukan daerah nyaman mereka. Ini membuat otak pasif dan tak lagi bekerja keras untuk belajar. Pada akhirnya kemampuan otak akan menurun. Untuk membuat otak tetap muda dan aktif, Anda harus berani menghadapi dan mencari situasi yang tak nyaman bagi Anda. Sehingga Anda terus belajar hal baru, begitu juga dengan otak Anda. Cobalah hal-hal yang tidak pernah Anda lakukan, belajar kemampuan baru, dan lainnya.

6. Olahraga
Olahraga tak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga bisa meningkatkan kesehatan mental Anda. Bahkan olahraga ringan yang dilakukan secara teratur bisa memberikan manfaat yang besar bagi otak dan pikiran.

7. Bermain
Otak kita sangat suka bermain. Faktanya permainan memiliki peran yang besar bagi perkembangan otak manusia dibandingkan dengan hewan lain di bumi ini. Namun tentunya pilih permainan yang cukup sulit dan membuat otak bekerja keras. Bermain akan membuat otak terus berlatih dan aktif.

8. Mendaftarkan Diri di Kelas
Anda bisa mengikuti kelas apa saja, kelas kursus bahasa asing, kelas memasak, atau lainnya. Penelitian menemukan bahwa berada di dalam kelas dan belajar bersama orang lain bisa meningkatkan kesehatan kognitif. Anda tak hanya membuat otak sehat, tetapi juga memiliki keterampilan baru.

9. Mempelajari Teknologi Baru
Mengikuti perkembangan teknologi dan dunia digital sama dengan mempelajari hal-hal baru. Jika melakukannya Anda bisa mendapatkan manfaat yang besar karena Anda akan terus mempelajari hal baru serta terhubung dengan semakin banyak orang. Melalui dunia teknologi Anda juga akan dihadapkan pada ide-ide baru yang membuat otak segar dan terus belajar.


Baca juga artikel menarik lainnya tentang :

Judul: 9 Cara Sehat Untuk Mengasah Otak Tetap Muda Dan Cerdas
Rating: 10 out of 10 based on 24 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Unknown
Semoga Portal Kesehatan Webunic Bermanfaat Untuk Anda





Anda sedang membaca artikel tentang 9 Cara Sehat Untuk Mengasah Otak Tetap Muda Dan Cerdas dan anda bisa menemukan artikel 9 Cara Sehat Untuk Mengasah Otak Tetap Muda Dan Cerdas ini dengan url http://webunic.blogspot.com/2013/05/9-cara-sehat-untuk-mengasah-otak-tetap.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel 9 Cara Sehat Untuk Mengasah Otak Tetap Muda Dan Cerdas ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link 9 Cara Sehat Untuk Mengasah Otak Tetap Muda Dan Cerdas sumbernya.

Share this article :

Posted by: Andrie Kurniawan
Portal Kesehatan Webunic - Berbagi Kesehatan Online, Updated at: 5/07/2013

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Facebook Friend

Friend Us






 
Support : Portal Kesehatan Webunic | www.twin-share.com | Berbagi Tips Kesehatan
Copyright © 2012. Portal Kesehatan WebUnic - All Rights Reserved
Hak Cipta Di Lindungi Oleh Undang - Undang Dasar
Proudly powered by Blogger