Home » , , » 7 Makanan Yang Menyebabkan Rasa Kantuk

7 Makanan Yang Menyebabkan Rasa Kantuk

Written By Kaka' Andre on Tuesday, May 7, 2013 | 5/07/2013

Selalu merasa ngantuk sehabis makan siang? Mungkin masalahnya ada pada makanan yang Anda santap. Beberapa jenis makanan mengandung zat-zat tertentu yang bisa membuat tubuh kurang berenergi dan membuat orang mudah mengantuk. Hindari tujuh makanan ini agar Anda tidak selalu menguap saat bekerja di kantor, seperti dikutip dari Madame Noir.

7 Makanan Yang Menyebabkan Rasa Kantuk

1. Makanan Bergula Tinggi
Camilan seperti cookies, permen atau cake umumnya mengandung gula sangat tinggi. Segala sesuatu dengan gula berlebih akan cepat menaikkan kadar gula dalam darah (membuat tubuh bersemangat dengan seketika) tapi juga menurunkannya dengan drastis. Akibatnya, tubuh melepaskan insulin yang memicu produksi tryptophan, hormon yang membuat ngantuk.

2. Roti Putih
Sama seperti makanan bergula, roti putih tinggi glycemic index yang bisa melonjakkan gula darah, tapi cepat juga membuatnya turun drastis. Tubuh pun jadi lebih lemas dan mengantuk.

3. Gorengan
Makanan yang digoreng memang memiliki rasa yang lebih lezat ketimbang rebusan, kukusan atau panggangan. Tapi gorengan adalah makanan yang tidak sehat karena umumnya mengandung lemak trans dan lemak jenuh yang tidak baik bagi kesehatan jantung. Selain itu, minyak yang terperangkap dalam gorengan akan 'memaksa' tubuh untuk bekerja lebih keras mencernanya. Energi terbuang sia-sia, dan Anda pun jadi mengantuk karena kurang tenaga.

4. Saus, Keju & Krim
Siapa yang bisa menolak lezatnya pizza bertabur saus tomat, keju dan krim untuk menu makan siang? Tapi kelezatan itu hanya bertahan sebentar di lidah. Makanan dengan banyak saus tomat, saus sambal, keju atau krim membuat tubuh harus bersusah payah mencernanya. Memangkas energi yang seharusnya dipakai untuk konsentrasi bekerja.

5. Minuman Berkafein
Kopi, teh, energy drink dan minuman berkafein lainnya seharusnya bisa meningkatkan energi. Tapi kenapa justru membuat ngantuk di siang hari? Sebab minuman berenergi hanya membuat tubuh merasa berenergi, tapi bukan sumber energi itu sendiri. Kafein cenderung bersifat adiktif. Saat minum Anda akan merasa semangat tapi begitu isi di gelas habis, Anda akan terus ingin minum dan minum lagi. Air putih atau jus tanpa gula adalah pilihan yang lebih sehat.

6. Daging Merah & Olahannya
Daging merah olahan seperti yang biasa ditemukan dalam isian burger, sandwich, sosis dan asap memiliki kadar tryptophan yang tinggi. Hormon ini adalah 'agen-agen' yang menyebabkan mata mengantuk. Sebaiknya pilih ikan atau ayam sebagai menu makan siang.

7. Polong-polongan
Kacang polong dan keluarganya (kacang merah, kacan hijau, buncis, kacang panjang) merupakan makana sehat yang kaya protein, serat juga rendah kalori. Tapi jenis polong-polongan juga mengandung kadar niacin yang tinggi. Yaitu zat yang bisa membuat mata ngantuk. Sebaiknya tidak makan terlalu banyak untuk mencegah rasa kantuk yang bisa menurunkan produktivitas kerja.



Baca juga artikel menarik lainnya tentang :

Judul: 7 Makanan Yang Menyebabkan Rasa Kantuk
Rating: 10 out of 10 based on 24 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Kaka' Andre
Semoga Portal Kesehatan Webunic Bermanfaat Untuk Anda





Anda sedang membaca artikel tentang 7 Makanan Yang Menyebabkan Rasa Kantuk dan anda bisa menemukan artikel 7 Makanan Yang Menyebabkan Rasa Kantuk ini dengan url http://webunic.blogspot.com/2013/05/7-makanan-yang-menyebabkan-rasa-kantuk.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel 7 Makanan Yang Menyebabkan Rasa Kantuk ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link 7 Makanan Yang Menyebabkan Rasa Kantuk sumbernya.

Share this article :

Posted by: Andrie Kurniawan
Portal Kesehatan Webunic - Berbagi Kesehatan Online, Updated at: 5/07/2013

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Facebook Friend

Friend Us






 
Support : Portal Kesehatan Webunic | www.twin-share.com | Berbagi Tips Kesehatan
Copyright © 2012. Portal Kesehatan WebUnic - All Rights Reserved
Hak Cipta Di Lindungi Oleh Undang - Undang Dasar
Proudly powered by Blogger