Home » » 6 Tips Sehat Setelah Bangun Pagi

6 Tips Sehat Setelah Bangun Pagi

Written By Unknown on Wednesday, May 1, 2013 | 5/01/2013

Sering bangun tidur dengan mata yang masih mengantuk dan tubuh lemas? Padahal Anda harus bersiap-siap ke kantor atau mengurus anak serta suami di pagi hari. Agar tubuh langsung bersemangat dan tidak lemas begitu bangun pagi, ada enam langkah yang harus Anda lakukan, seperti dikutip dari Cosmopolitan USA.

6 Tips Sehat Setelah Bangun Pagi


1. Minum Air Putih
Awali hari Anda dengan minum segelas air putih bersuhu ruangan (tidak terlalu panas atau dingin). Lalu minum air putih lagi hingga waktunya sarapan. Selain merehidrasi tubuh, air putih juga membantu membersihkan tubuh dari racun. Untuk efek yang lebih maksimal, Anda bisa menambahkan sedikit perasan atau irisan lemon. Lemon memiliki kandungan elektrolit yang sifatnya seperti listrik, menyegarkan tubuh dan tonik bagi liver.

2. Bergerak
Setelah bangun tidur, jangan tergoda untuk menarik selimut kembali dan bermalas-malasan karena akan membuat Anda makin lemas. Beranjaklah dari tempat tidur, lakukan stretching dan lari-lari kecil di tempat. Bila rumah Anda bertingkat dua, turuni dan naiki tangga selama beberapa menit agar tubuh siap bergerak untuk aktivitas berikutnya.

3. Tarik Napas Dalam
Tarik napas dalam-dalam, lalu keluarkan secara perlahan. Saat bernapas, bayangkan hal-hal indah dan menyenangkan. Ulangi hingga lima kali. Cara ini bisa meningkatkan tingkat serotonin (hormon bahagia). Perlu diketahui, dalam menarik napas dalam, yang benar adalah mengambilnya dari perut, bukan diafragma. Untuk memastikan apakah pernapasan dilakukan dengan benar, perut harus membuncit atau mengembang saat menarik napas.

4. Yoga Sederhana
Masih tidak juga bersemangat? Coba lakukan gerakan yoga sederhana seperti downward dog dan plank di pagi hari. Posisi ini akan merevitalisasi organ dalam dan area dada serta perut. Membuat Anda lebih mudah mendapatkan energi dan semangat untuk berkegiatan.

5. Sarapan Sehat
Hindari makanan tinggi karbohidrat putih dan gula karena akan membuat gula darah cepat naik, tapi cepat juga turunnya. Hasilnya tubuh akan terasa semakin lemas. Konsumsilah diet seimbang yang kaya protein dan serat. Anda bisa mendapatkannya dari gandum utuh, brokoli rebus atau apel.

6. Minum Suplemen Bila Perlu
Wanita cenderung lebih berisiko mengalami kekurangan vitamin D dan magnesium ketimbang pria. Dua nutrisi ini penting untuk membantu tubuh tetap berenergi. Direkomendasikan mengonsumsi 1.000 - 2.000 miligram vitamin D dan 100 - 250 miligram magnesium per harinya. Namun perlu diingat, hanya konsumsi suplemen apabila angka kecukupan vitamin dan mineral tidak tercukupi dari diet harian Anda.

Judul: 6 Tips Sehat Setelah Bangun Pagi
Rating: 10 out of 10 based on 24 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Unknown
Semoga Portal Kesehatan Webunic Bermanfaat Untuk Anda





Anda sedang membaca artikel tentang 6 Tips Sehat Setelah Bangun Pagi dan anda bisa menemukan artikel 6 Tips Sehat Setelah Bangun Pagi ini dengan url http://webunic.blogspot.com/2013/05/6-tips-sehat-setelah-bangun-pagi.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel 6 Tips Sehat Setelah Bangun Pagi ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link 6 Tips Sehat Setelah Bangun Pagi sumbernya.

Share this article :

Posted by: Andrie Kurniawan
Portal Kesehatan Webunic - Berbagi Kesehatan Online, Updated at: 5/01/2013

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Facebook Friend

Friend Us






 
Support : Portal Kesehatan Webunic | www.twin-share.com | Berbagi Tips Kesehatan
Copyright © 2012. Portal Kesehatan WebUnic - All Rights Reserved
Hak Cipta Di Lindungi Oleh Undang - Undang Dasar
Proudly powered by Blogger