Home » » 6 Cara Untuk Menjaga Mata Agar Tetap Sehat

6 Cara Untuk Menjaga Mata Agar Tetap Sehat

Written By Unknown on Friday, May 3, 2013 | 5/03/2013

Kesehatan dan kemampuan mata seseorang menurun dengan semakin bertambahnya usia. Namun terkadang penurunan kesehatan dan kemampuan ini terjadi secara perlahan sehingga tak banyak orang yang merasakannya. Meski penurunan kemampuan mata adalah hal yang pasti, namun Anda bisa memperlambat dan mencegahnya dengan beberapa langkah sederhana.

6 Cara Untuk Menjaga Mata Agar Tetap Sehat

Berikut adalah cara mudah untuk menjaga kesehatan mata, seperti dilansir oleh Health Me Up

1. Makan wortel

Sejak dulu wortel dipercaya memiliki banyak manfaat bagi mata. Hal ini pun telah terbukti secara ilmiah. Pada masa perang DUnia II, seorang pilot bernama John Cunningham diketahui sering mengonsumsi wortel untuk membuat penglihatannya tajam di malam hari. Wortel mengandung beta-karoten, nutrisi yang diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Beta-karoten berguna untuk menjaga kesehatan mata Anda.

2. Vitamin A, C, E, dan zat seng

Jika tak bisa membayangkan mengonsumsi terlalu banyak wortel, Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin. Meski vitamin tak memiliki khasiat sebaik sayuran alami yang mengandung vitamin An, namun vitamin A, C, E, dan zat seng bisa membantu Anda menjaga kesehatan mata.

3. Melatih mata
Melatih otot mata akan membantu meningkatkan pergerakan mata dan meningkatkan sirkulasi darah pada mata. Meski melatih otot mata tak akan membuat minus Anda berkurang atau menambah kemampuan mata secara instan, namun latihan ini bisa membantu mengurangi kelelahan pada mata dan membantu mata bekerja dengan baik.

4. Menggunakan kacamata hitam


Sinar UV dan matahari bisa berbahaya untuk mata. Sinar matahari diketahui mampu meningkatkan risiko katarak dan degenerasi otot mata. Cara termudah untuk mencegah hal ini adalah dengan menggunakan kacamata hitam ketika Anda bepergian keluar rumah. Pilih kacamata hitam yang menghalangi 99 persen sinar UVA dan UVB. Tak hanya melindungi dari sinar matahari, kacamata hitam akan mengurangi kelelahan mata akibat cahaya yang terlalu terang.

5. Gunakan penerangan yang sesuai

Tentu Anda sudah mengetahui bahwa melihat dalam ruangan dengan penerangan yang kurang bisa membuat mata cepat lelah dan rusak. Untuk itu, jika ketika membaca Anda merasa kesulitan karena ruangan yang kurang terang, sebaiknya tingkatkan penerangan dalam ruangan tersebut. Ini akan membuat mata lebih santai dan tak terlalu bekerja keras.

Meski begitu, pencahayaan yang terlalu terang juga bisa merusak mata. melihat cahaya yang terlalu terang bisa merusak jaringan mata dan mempercepat penurunan kemampuan penglihatan. Untuk itu, sesuaikan pencahayaan dengan mata Anda, jangan terlalu gelap atau terlalu terang.

6. Atur pencahayan monitor komputer

Melihat komputer terlalu lama setiap hari bisa membuat mata cepat lelah yang pada akhirnya menyebabkan penurunan kemampuan penglihatan. Namun tentu karena banyak faktor, kebanyakan orang tak bisa menghindarinya. Untuk itu, ada cara melindungi mata anda dari layar komputer, yaitu mengatur pencahayaannya. Layar komputer yang tak terlalu terang lebih baik untuk mata.

Itulah beberapa hal mudah dan sederhana yang bisa Anda lakukan setiap hari untuk menjaga kesehatan mata. Dengan menerapkan langkah mudah di atas, kemampuan penglihatan Anda akan tetap terjaga.


Baca juga Artikel Menarik Lainnya Tentang :

Judul: 6 Cara Untuk Menjaga Mata Agar Tetap Sehat
Rating: 10 out of 10 based on 24 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Unknown
Semoga Portal Kesehatan Webunic Bermanfaat Untuk Anda





Anda sedang membaca artikel tentang 6 Cara Untuk Menjaga Mata Agar Tetap Sehat dan anda bisa menemukan artikel 6 Cara Untuk Menjaga Mata Agar Tetap Sehat ini dengan url http://webunic.blogspot.com/2013/05/6-cara-untuk-menjaga-mata-agar-tetap.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel 6 Cara Untuk Menjaga Mata Agar Tetap Sehat ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link 6 Cara Untuk Menjaga Mata Agar Tetap Sehat sumbernya.

Share this article :

Posted by: Andrie Kurniawan
Portal Kesehatan Webunic - Berbagi Kesehatan Online, Updated at: 5/03/2013

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Facebook Friend

Popular Posts

Friend Us






 
Support : Portal Kesehatan Webunic | www.twin-share.com | Berbagi Tips Kesehatan
Copyright © 2012. Portal Kesehatan WebUnic - All Rights Reserved
Hak Cipta Di Lindungi Oleh Undang - Undang Dasar
Proudly powered by Blogger