Home » » 6 Cara Mengetahui Kondisi Tubuh Melalui Kuku

6 Cara Mengetahui Kondisi Tubuh Melalui Kuku

Written By Kaka' Andre on Friday, May 10, 2013 | 5/10/2013

Saat memotong kuku atau manikur-pedikur, sering-seringlah memperhatikan kuku Anda. Adakah perubahan? Misalnya kuku jadi lebih pucat dari biasanya atau tampak menguning dan menebal? Kuku bisa menjadi 'alat' alami untuk mendeteksi adanya masalah kesehatan. Seperti dikutip dari Shape, ini enam penampakan kuku yang bisa memprediksi kondisi tubuh Anda.

6 Cara Mengetahui Kondisi Tubuh Melalui Kuku

1. Pucat
Jika kuku terlihat putih pucat, kemungkinan Anda menderita anemia. Dijelaskan Dr. Shilpi Agarwal, M.D., dokter pengobatan holistik dari Los Angeles, "Anemia terjadi akibat kekurangan zat besi yang menyebabkan asupan oksigen di dalam darah terhambat. Sehingga jaringan kulit menjadi pucat, terutama kulit di bawah kuku."

Dalam kondisi yang lebih serius, kuku pucat juga bisa menjadi tanda-tanda awal diabetes atau penyakit liver. Jika didiagnosa lebih awal, diabetes bisa dikontrol. Hindari konsumsi makanan olahan atau yang mengandung banyak gula dan karbohidrat. Ganti pola makan Anda dengan memperbanyak serat dari sayuran, buah dan gandum utuh.

2. Menguning atau Menebal
Kuku yang menguning atau menebal umumnya disebabkan karena infeksi jamur yang sudah menyebar ke seluruh kuku. Pengobatan topikal (dioles dengan krim atau salep) biasanya tidak terlalu membantu karena infeksi berada di kulit bawah kuku. Biasanya dokter akan memberikan obat minum yang bisa langsung membasmi jamur di bagian dalam epidermis.

3. Garis Coklat Kehitaman
Waspada jika Anda mendapati garis atau gurat kehitaman di kuku, karena kemungkinan adanya melanoma atau tumor ganas. "Garis vertikal berwarna coklat gelap atau hitam di kuku jangan sampai diabaikan. Ini bisa jadi tanda awal melanoma yang harus dideteksi dan diobati sejak dini," ujar Dr. Shilpi.

4. Mudah Rapuh
Kuku yang mudah rapuh atau patah hanya karena sedikit tekanan atau benturan keras, kemungkina ada gangguan pada kelenjar thyroid Anda. Kelenjar yang terdapat di bagian leher ini bertugas mengatur metabolisme, energi dan pertumbuhan tubuh. Kekurangan thyroid bisa menyebabkan rambut rontok, juga kuku yang rapuh dan menipis.

Kuku juga tumbuh lebih lambat dan dalam keadaan yang sudah parah, kuku bisa terangkat dari kulit di bawahnya. Jika ini terjadi pada Anda, segera periksa ke dokter untuk diambil sampel darah. Pemeriksaan ini berguna untuk memeriksa apakah ada gangguan thyroid yang perlu diberi pengobatan.

5. Garis-garis Putih
Garis-garis putih horizontal yang memenuhi seluruh kuku disebut dengan garis Muehrcke. Ini mengindikasi adanya penyakit ginjal, gangguan liver atau kekurangan protein akut. "Munculnya garis putih memanjang disebabkan oleh gangguan pada suplai darah ke kuku karena penyakit-penyakit yang disebutkan tadi," tutur Dr. Shilpi.

6. Membiru
Kuku yang tampak membiru, adalah tanda tubuh Anda kekurangan oksigen. Kurangnya oksigen dalam darah bisa disebabkan beberapa hal, di antaranya gangguan pada saluran pernapasan atau masalah di pembuluh darah. Beberapa orang memang ada yang sirkulasi darahnya lebih lambat terutama ketika berada di tempat bersuhu dingin. Tapi untuk lebih amannya, sebaiknya periksa kadar oksigen di tubuh Anda melalui tes laboratorium.



Baca juga artikel menarik lainnya tentang :

Judul: 6 Cara Mengetahui Kondisi Tubuh Melalui Kuku
Rating: 10 out of 10 based on 24 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Kaka' Andre
Semoga Portal Kesehatan Webunic Bermanfaat Untuk Anda





Anda sedang membaca artikel tentang 6 Cara Mengetahui Kondisi Tubuh Melalui Kuku dan anda bisa menemukan artikel 6 Cara Mengetahui Kondisi Tubuh Melalui Kuku ini dengan url http://webunic.blogspot.com/2013/05/6-cara-mengetahui-kondisi-tubuh-melalui.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel 6 Cara Mengetahui Kondisi Tubuh Melalui Kuku ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link 6 Cara Mengetahui Kondisi Tubuh Melalui Kuku sumbernya.

Share this article :

Posted by: Andrie Kurniawan
Portal Kesehatan Webunic - Berbagi Kesehatan Online, Updated at: 5/10/2013

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Facebook Friend

Friend Us






 
Support : Portal Kesehatan Webunic | www.twin-share.com | Berbagi Tips Kesehatan
Copyright © 2012. Portal Kesehatan WebUnic - All Rights Reserved
Hak Cipta Di Lindungi Oleh Undang - Undang Dasar
Proudly powered by Blogger