Home » , » Waspadai Penyakit Jantung Apabila Meninggalkan Sarapan

Waspadai Penyakit Jantung Apabila Meninggalkan Sarapan

Written By Unknown on Tuesday, September 3, 2013 | 9/03/2013

Waspadai Penyakit Jantung Apabila Meninggalkan Sarapan
Kesibukan yang padat seringkali membuat kita melewatkan sarapan, dan malah menggantinya dengan secangkir kopi sebagai obat kantuk. Padahal, sarapan ini penting sebagai pembentukan energi untuk memulai aktivitas. Termasuk mengusir rasa kantuk dan lemas. 

Dikutip life.viva.co.id, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa terlalu sering melewatkan sarapan memunculkan risiko penyakit jantung koroner. Risiko tersebut bahkan mencapai 27 persen lebih tinggi dibandingkan mereka yang rutin sarapan.

Tidak hanya sarapan, seseorang yang sering melakukan midnight snack atau mengonsumsi makanan sebelum tidur, juga memiliki risiko 55 persen menderita jantung koroner dibanding mereka yang tidak.

Penelitian yang dilakukan Harvard School of Public Health dan Harvard Medical School ini, melibatkan 26.902 responden berusia antara 45 hingga 82 tahun, yang sebelumnya tidak memiliki riwayat penyakit kanker, jantung koroner, serangan jantung atau stroke.

Pertanyaan yang harus dijawab: berapa kali mereka mengonsumsi makanan setiap hari, dan waktu yang paling sering digunakan untuk makan. Juga asupan energi, kualitas makanan, dan konsumsi alkohol, kebiasaan merokok, status pernikahan, status pekerjaan.

Pengamatan yang dilakukan selama 16 tahun ini juga memeriksa jantung para responden setiap dua tahun sekali. 

Hasilnya, sekitar 1.527 orang menderita penyakit jantung koroner. Yakni, 27 persen pada mereka yang melewatkan sarapan dan 55 persen pada mereka yang makan menjelang tidur.  

Meski begitu, penelitian ini belum memberikan sebab dan akibat antara sarapan dengan risiko penyakit jantung koroner. Karena risiko tersebut, bisa saja disebabkan oleh faktor lain seperti obesitas, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi atau diabetes yang juga kerap menyerang mereka yang melewatkan sarapan.

Judul: Waspadai Penyakit Jantung Apabila Meninggalkan Sarapan
Rating: 10 out of 10 based on 24 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Unknown
Semoga Portal Kesehatan Webunic Bermanfaat Untuk Anda





Anda sedang membaca artikel tentang Waspadai Penyakit Jantung Apabila Meninggalkan Sarapan dan anda bisa menemukan artikel Waspadai Penyakit Jantung Apabila Meninggalkan Sarapan ini dengan url https://webunic.blogspot.com/2013/09/waspadai-penyakit-jantung-apabila.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Waspadai Penyakit Jantung Apabila Meninggalkan Sarapan ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Waspadai Penyakit Jantung Apabila Meninggalkan Sarapan sumbernya.

Share this article :

Posted by: Andrie Kurniawan
Portal Kesehatan Webunic - Berbagi Kesehatan Online, Updated at: 9/03/2013

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Facebook Friend

Friend Us






 
Support : Portal Kesehatan Webunic | www.twin-share.com | Berbagi Tips Kesehatan
Copyright © 2012. Portal Kesehatan WebUnic - All Rights Reserved
Hak Cipta Di Lindungi Oleh Undang - Undang Dasar
Proudly powered by Blogger